Tips Merawat Laptop Agar Awet

March 09, 2010

Berikut ini adalah Tutorial blog lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai tips merawat laptop agar awet.


5. Bersihkan laptop secara berkala
Salah satu alasan kenap kita harus sering membersihkan latop adalah agar ventilasi tidak tertutup oleh debu. Tertutupnya ventilasi karena deb akan mengakibatkan pemindahan panas dari dalam laptop ke udara luar jadi terhamabat. Ini akan berakibat fatal, karena bisa menyebabkan overheat atau panas berlebih. Pastikan kipas laptop berfungsi dengan baik. Saat membersihkan layar LCD, usahakan menggunakan kain yang lembut seratnya dan dilakukan secara perlahan, jangan sampai meninggalkan goresan.


6. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk
Jangan meletakan laptop Anda pada kasur yang empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam kasur. Ini sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop, dikarenakan tertutupnya ventilasi udara pada laptop. Sirkulasi udara akan sangat terganggu di ruang processor sehingga laptop menjadi panas.

7. Jangan makan minum dan meletakkan benda mengandung cairan di sekitar laptop
Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard. Sama seperti komputer dekstop cairan bisa menyebabkan komponen short, dan merusak komponen laptop.

8. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas
Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang diperuntukan untuk laptop yang mempunya sekat-sekat sehingga benda-benda lainnya tidak menggores bagian-bagian tertentu pada laptop. Pilih tas yang bagian dalamnya lembut dan anti air, ini penting untuk menghindari laptop basah disaat kena hujan. Kita haru berhati-hati dalam memilih tas laptop, kalau bisa jangan yang murahan. Lebih baik sedikit mahal tapi bisa meminimalkan kerusakan laptop akibat getaran atau goncangan.

.9. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri
Bila anda bukan seorang teknisi laptop, usahakan untuk tidak melakukan tindakan ini. Kecerobohan dalam membongkar laptop akan berakibat fatal. Beberapa bagian Laptop sangat kecil dan rentan terhadap kerusakan seperti chip dan IC. Laptop tidak seperti barang elektronik lain, karena proses perakitan nya sangat presisi. Usahakan untuk membawa laptop ke service center resminya. Itu dikarenakan peralatan pada service center lebih lengkap dan sesuai dengan prosedur penanganan service yang ada.

10. Jangan membanting laptop Anda!
Kalau lagi kesel semisal kerjaan buntu dan gk kelar-kelar, jangan menginjak apalagi membantingnya. Sayangilah laptop anda seperti soulmate. Atau bisa juga di berikan saja pada orang lain. Pasti dengan sukarela menerimanya
J daripada dibanting? hehehe…. maklum masih banyak yang nyidam pengin punya laptop J

0 comments:

Post a Comment